8 Perpustakaan Sekolah di Makassar Terima Sertifikat Akreditasi, Berikut Daftarnya

UJARAN.MAKASSAR – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan menyerahkan sertifikat akreditasi Perpustakaan Sekolah dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada 8 Sekolah SD dan SMP di Kota Makassar pada kegiatan bedah buku di Hotel Mercure, Kota Makassar, Rabu (23/09/20).

Penyerahan sertifikat itu disaksikan langsung Sekertaris Dinas Perpustakaan Makassar, Muhyiddin Mustakim mewakili Dinas Perpustakaan Makassar dan Pembina Perpustakaan Kota Makassar.

Diketahui, 8 sekolah dari 10 sekolah yang telah mengikuti akreditasi secara online dinyatakan sesuai dengan standar perpustakaan dan memperoleh akreditasi A dan B. Sedangkan 1 sekolah dinyatakan belum terakreditasi dan 1 lainnya masih menunggu hasil akreditasi.

Perpustakaan sekolah yang mendapatkan akreditasi A yakni Perpustakaan Pore SMPN 1 Makassar, Perpustakaan SMP Negeri 1 Makassar, Perpustakaan Alexandria SDN Unggulan BTN Pemda Makassar, dan Perpustakaan Sam Ratulangi SD Percontohan PAM Makassar.

Sedangkan untuk perpustakaan sekolah yang mendapatkan akreditasi B yakni Perpustakaan SMPN 7 Makassar, Perpustakaan Tangguh SMPN 23 Makassar, dan Perpustakaan Purnama SD Inpres Paccerakkang Makassar.

Dijelaskan bahwa, Akreditasi Perpustakaan merupakan bentuk pengakuan dari lembaga akreditasi nasional yang menyatakan bahwa penyeleggaran perpustakaan telah berkesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Olehnya itu Dinas Perpustakaan Kota Makassar melalui program Sentuh Pustaka setiap tahun mendorong dan melakukan pendampingan kepada 10 sekolah untuk mengikuti akreditasi tersebut.

Dukungan Kepala Sekolah sangat menentukan dalam pengembangan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya penyediaan sarana IT dan program perpustakaan ditengah Pandemi Covid-19.

Perpustakaan sekolah yang terakreditasi A dan B dapat menjadi contoh dan model perpustakaan sekolah lainnya.

Turut hadir Kepala Sekolah SMPN 1 Sinjai, Suaib Ramli, Kepsek SMPN 6, Munir, Kepsek SMPN 26, Nur Rahma, Kepsek SDN Unggulan BTN Pemda, Andi Agusniati, Kepsek SDN Percontohan PAM, Burhanuddin Talib, dan Kepsek SD Inpres Paccerakkang, Muhammad Yunus Sunusi. (Red/Pensa)

0 Comments