Baznas Sinjai Targetkan Bedah 20 Unit Rumah di Tahun 2020

UJARAN.SINJAI – Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Sinjai menargetkan akan lakukan bedah rumah sebanyak 20 unit rumah untuk warga yang kurang mampu di kabupaten Sinjai pada tahun 2020 ini.

Saat ditemui di kantornya, Ketua Baznas Sinjai Ahmad Muzakkir mengatakan bahwa dalam waktu dekat program bedah rumah ini akan segera diluncurkan dengan sasaran tahap pertama 6 unit rumah yang tersebar di 6 kecamatan yaitu, kecamatan Sinjai Utara, kecamatan Sinjai Timur, kecamatan Tellulimpoe, kecamatan Sinjai Borong, kecamatan Sinjai Selatan dan kecamatan Sinjai Tengah.

“Seperti tahun lalu, bedah rumah kita mulai dibilang September, hal ini karena cuaca saat ini sudah memasuki musim kemarau sehingga kita harap semuanya bisa berjalan dengan maksimal.” Katanya, Rabu (23/09/20).

Sebanyak 20 juta rupiah anggaran yang dialokasikan untuk setiap rumah dan dalam proses pengerjaannya dilibatkan Aparat TNI dan Polri.

Dana ini merupakan zakat dan infaq dari para mustahik yang ada di kabupaten Sinjai. Dalam laporan per bulan Juni atau semester pertama tahun 2020, total pengumpulan zakat yang dilakukan Baznas Sinjai sebesar 400 juta rupiah ditambah pengalihan dana dari tahun 2019.

“Ada sedikit kenaikan dibandingkan tahun lalu, pasca ramadhan rata-rata zakat yang terkumpul sebanyak 80 juta rupiah tiap bulan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa donatur zakat ini dominan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Sinjai, baik dari instansi vertikal maupun instansi Pemerintah Kabupaten Sinjai.

“Sudah ada 14 instansi yang secara rutin mengumpulkan zakat hartanya melalui Baznas Sinjai dan berdasarkan informasi, dalam waktu dekat beberapa instansi lain juga akan menyetorkan zakatnya seperti dari sekertaris DPRD termasuk didalamnya seluruh anggota DPRD dan juga dari Sekertaris Daerah Sinjai,” tutupnya. (Ril/Kasmir)

0 Comments