Menteri PPN Harap BUMDes Jadi Andalan Perekonomian Desa

Menteri PPN saat mengikuti rapat terbatas percepatan peningkatan ekonomi desa.

UJARAN.JAKARTA – Dalam Rapat Terbatas Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa (Ratas PPED) yang dilaksanakan melalui video konferensi, presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh kementerian untuk bersama memajukan perekonomian desa terlebih di masa pandemi ini, Kamis (24/09/20).

“Gunakan momentum ini untuk mengintegrasikan, mengkonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan dan program peningkatan ekonomi desa, saya meminta kepada kementerian agar jangan membuat program sendiri-sendiri, tidak terintegrasi, tidak terpadu, sehingga hasilnya tidak terlihat, ini harus terintegrasi betul,” ujarnya.

Presiden juga menghimbau agar setiap desa perlu mengembangkan potensi desanya, baik dalam bidang pertanian, wisata, maupun industri.

“Setiap desa perlu mengembangkan potensi desanya, baik yang berkaitan dengan pertanian, wisata desa, maupun industri yang ada di desa. Jangan semuanya dilakukan secara top down dari atas, tapi berikan ruang partisipasi, ruang kreasi bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya.”

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan bahwa kendala utama yang dihadapi BUMDes adalah kualitas pendidikan tenaga kerja.

“Berdasarkan data yang dihimpun oleh Bappenas, kendala utama yang dihadapi BUMDes adalah kualitas pendidikan tenaga kerja,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pengembangan BUMDes perlu dukungan dan keterlibatan pemerintah daerah untuk menjadikab BUMDes program andalan pemberdayaan desa.

“Untuk pengembangan BUMDes kedepannya perlu dukungan dan keterlibatan pemerintah daerah untuk menjadikan BUMDes sebagai program andalan pemberdayaan desa. Selai itu perlu juga dikembangkan prinsip kewirausahaan dan kecakapan manajemen dalam mengembangkan dan mengelola BUMDes,” tutupnya. (Ril/Kasmir)

0 Comments