Pemuda Desa Dedikasi untuk Negeri

UJARAN.SINJAI – Memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda ke-92 Pemuda Karang Taruna Desa Bonto Tengnga menggelar upacara bendera di Lapangan SDN 187 Maccini, Desa Bonto Tengnga, Kecamatan Sinjai Borong, Rabu (28/10/2020).

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diangkat tema “Meningkatkan Semangat Kepemudaan dalam Menjiwai Makna Sumpah Pemuda untuk Kehidupan Bermasyarakat di Tengah Pandemi.”

Upacara dipimpin langsung oleh Koramil Sinjai Borong, Ramli dan bertindak sebagai pembina upacara Kepala Desa Bonto Tengnga, Kaswan Mahmud.

Saat membacakan amanat, Kaswan Mahmud mengatakan, setiap tanggal 28 Oktober secara serentak di belahan nusantara “Generasi muda adalah pemimpin masa depan”.

“Kalimat ini sudah sering kita dengar namun makna dan harapan di dalamnya sering kali kita lupakan. Sebagai pemuda kita punya pilihan menjadi bagian dari solusi atau bagian dari masalah. Apa yang kita putuskan, lakukan dan tanamkan hari ini akan menuntut hari esok,” ujarnya.

Menurutnya, masa depan Kabupaten Sinjai khususnya Indonesia, dan masa depan pemuda pada umumnya ada di tangan para pemuda. Pemuda merupakan agen perubahan, memiliki semangat dan kreativitas tinggi. Ini adalah momentum bagi generasi muda yang memiliki semangat bergelora dan harus meningkatkan kapastias diri.

Mengakhiri amanatnya, Harapan Kaswan Mahmud kepada pemuda Desa Bonto Tengnga agar tetap memperkuat jiwa nasionalisme dan rasa cinta damai.

“Mari jadikan sumpah pemuda sebagai momentum untuk memperkuat nasionalisme, untuk menyatukan langkah membangun Indonesia dengan memajukan daerah yang kita cintai, mari jaga cita-cita para pahlawan bangsa, mari kembangkan diri jaga jati diri sebagai bangsa Indonesia
Jadilah generasi muda pemimpin masa depan,” tutupnya.

Turut hadir DPC HIPPMAS Sinjai Borong dan KKN-DK Desa Bonto Tengnga, aparat Desa Bonto Tengnga, BPD, LPM, Koramil, Kapolsek, perwakilan Karang Taruna Se-Kecamatan Sinjai Borong, dan Pelajar.

Selanjutnya, panitia mengadakan berbagai rangkaian acara dalam memeriahkan momentum sumpah pemuda ini yaitu turnamen sepak takraw, lomba baca puisi (10-12 tahun) dan lomba kanak-kanak (5-10 tahun). (Ril/Yani)

0 Comments