TBM Tudang Sipagguru Diresmikan

UJARAN.SINJAI – Wakil Bupati (Wabup) Sinjai meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tudang Sipaggurudi Dusun Jenna, Desa Polewali, Kecamatan Sinjai Selatan, Minggu (29/11/20).

Dalam kegiatan tersebut, Wabup Sinjai, Andi kartini Ottong menyampaikan apresiasinya kepada karang taruna.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif pengurus Karang Taruna untuk mendirikan Taman Baca terutama di Desa, pemuda harus berinovasi dan kreatif sehingga Taman Bacaan ini mampu menjadi tempat belajar dan pusat informasi dari dan untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BIdang (Kabid) Layanan dan TIK Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sinjai, Ikbal Abdullah mengatakan bahwa Dinas Perpustakaan akan mendorong perpustakaan desa lebih aktif.

“Tahun depan insyaa Allah Dinas Perpustakaan akan lebih mendorong perpustakaan desa untuk lebih aktif berkegiatan, perpustakaan desa juga harus bertransformasi untuk menjadikan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Nanti akan didampingi oleh tim inklusi sosial dari dinas Perpuastakaan dan library support (consultan literasi), Ibu Yani yang juga ketua Pengurus Daerah (PD) Forum Taman Bacaan masyarakat (FTBM) Sinjai. Semoga tahun depan sudah ada perpustakaan desa yang bisa kita ikutkan dalam lomba perpustakaan desa mulai tingkat kabupaten, Provinsi bahkan ke nasional,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua PD-FTBM Sinjai, Mirfayani Mirsal mengatakan bahwa meningkatkan minat baca masyarakata merupakan tanggung jawab semua lini.

“Untuk meningkatkan minat baca ke masyarakat dan menekan angka buta aksara merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua, dengan mendekatkan media bacaan seperti buku, buletin, majalah dan lain-lain adalah salah satu cara dan solusinya. TBM juga akan menjadi tempat menimba pengetahuan bagaimana mengolah Sumber Daya Alam menjadi produk yang bisa punyai nilai jual. Intinya pemuda harus bergerak, kalau ada 1000 pemuda yang bergerak membangun desa yakin kita ada di dalamnya, kalau 100 pemuda yang bergerak pastikan kita ada menjadi bagiannya, kalau ada 1 pemuda yang bergerak pastikan itu adalah kita. Selamat dan teruslah bergerak menjadi Pioneer dalam pembangunan SDM desa,”tuturnya.

Diketahui, peresmian tersebut dilakukan usai Wakil Bupati Sinjai menghadiri kegiatan pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Polewali. (Kasmir)

0 Comments