Dua KT di Bulukumba Dialog, Narasumber Tuntut Peserta

UJARAN.BULUKUMBA – Karang Taruna Bontomanai bersama Karang Taruna Anrang melaksanakan Dialog dan Deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berintegritas di Gerasi Ilmu Kerenisme Bontomanai, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba, Sabtu (25/12/20).

Mengusung tema “Pilkada Bulukumba 2020 yang Berintegritas” Pelaksana Kegiatan menghadirkan tiga orang pemateri yaitu, Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Rilau Ale, Farman, Aktifis Pemuda Pemerhati Demokrasi, Rini Asriani serta Muh Iyas Nurdin S.

Saat menyampaikan materinya, Iyas menyampaikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan Pilkada Tahun 2020.

“Mematuhi protokoler kesehatan sangat penting karena kita tidak tahu siapa yang terjangkit atau tidak, bisa jadi ada orang yang sehat dan tanpa gejala yang bertemu orang lain yang sistem immunnya lebih rendah maka ia akan tertular. Itulah sebabnya kita harus tetap memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan. Penanganan Pandemi ini juga masih ambigu sehingga kesadaran untuk pencegahannya begitu penting,” ujarnya.

Sementara itu, Aktifis Pemuda Pemerhati Demokrasi, Rini Asriani mengatakan bahwa pemuda harus lebih menunjukkan eksistensinya.

“Barangkali pemuda dianggap belum memiliki peran yang begitu penting oleh orang yang lebih dewasa dalam dunia politik sehingga pemuda harus lebih menunjukkan eksistensinya bahwa pemuda juga bisa melakukan hal-hal yang berpengaruh baik dalam perpolitikan. Pemuda harus bisa dan harus menunjukkan kegiatan-kegiatan positif,” tuturnya.

Selain itu, Salah satu Panwaslu Kecamatan Rilau Ale, Farman mengatakan bahwa pemuda harus mampu mengedukasi masyarakat.

“Pemuda harus mampu mengedukasi masyarakat dalam hal kepemiluan, resiko pelanggaran pemilu begitu besar dan melalui dialog ini sangat besar harapan bahwa pemuda bisa menyampaikan dan mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran.” (Kasmir)

0 Comments