Kolaborasi Komunitas Akan Hijaukan Lantebung, Ingin Berdonasi? Cek Disini!

UJARAN.MAKASSAR – Penghijauan di Kawasan Hutan Mangrove Lantebung Kota Makassar akan digelar oleh beberapa komunitas. Beberapa komunitas itu, diantaranya Aktivis Sosial Indonesia (AKSI), Komunitas Peduli Sesama (KPS), Pray For Sulawesi Selatan, Jejak Tau Kamase (Jetaka), Komunitas Siri Na Pacce (Konsina), Nafas Langit, Ikatan Keluarga Lantebung (Ikal), dan Remaja Peduli Kampung.

“Merawat Mangrove untuk Pesisir Hijau” adalah tema kegiatan ini dengan harapan menciptakan generasi yang selalu semangat dalam menyelematkan hutan mangrove. Karenanya mangrove diketahui berfungsi melindungi daratan dari gelombang laut dan berperan dalam mengurangi abrasi akibat gelombang air laut.

Kolaborasi komunitas ini, setidaknya memiliki tiga upaya yang merupakan landasan utama kegiatan ini dilangsungkan, diantaranya menjaga dan merehabilitasi ekosistem pesisir Lantebung, Membantu produktivitas perekonomian nelayan lepas, dan mendemonstrasikan lingkungan pesisir sebagai upaya menjaga keberlangsungan ekosistem.

Diungkap Ketua Panitia, Nawir bahwa penghijauan Lantebung di tahun 2021 ini juga akan menanam bibit bakau sebanyak 2021 bibit pohon mangrove.

Tak ketinggalan, Nawir juga menguraikan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahwa kerusakan ekosistem mangrove memang benar adanya.

“Data dari KLHK, 50% ekosistem mangrove sudah mengalami kerusakan dan 50% lainnya kurang maksimal dalam pengelolaannya,” ungkap Nawir.

Akan digelar selama satu hari, dimulai Sabtu 30 Januari 2021 hingga Minggu 31 Januari mendatang, kegiatan ini membuka donasi untuk pembelian bibit mangrove sebagai upaya suksesnya kegiatan kolaborasi beberapa komunitas di Kota Makassar itu.

Berikut nomor rekening dan narahubung untuk para donatur :

Bank BRI : 4987-01-017522-53-8 (Mariani)
Narahubung : 081930237021 (Nawir)
089525782089 (Mariani)

Abrasi pantai bikin galau? Yuk! tangkal dengan menanam bakau. (Red/Pensa)

0 Comments