Pengungsi Gempa Sulbar Asal Jateng, Jatim, dan Kaltim Difasilitasi Pulkam

UJARAN.MAMUJU – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah akan memfasilitasi pemulangan para pengungsi korban gempa Sulbar. Tak terkecuali bagi mereka yang berasal dari luar pulau Sulawesi.

Hingga saat ini, ada kurang lebih 80 orang korban gempa Sulbar yang terdata berasal dari Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Kalimantan Timur (Kaltim). Semua biaya pemulangan akan ditanggung oleh Pemprov Sulsel.

“Ada kurang lebih 80 orang berasal dari Jatim, Jateng, dan Kaltim. Besok kita akan siapkan pesawat untuk mereka bisa kembali ke kampung halaman dan ditanggung oleh pemerintah provinsi,” ungkapnya saat mengunjungi tempat pengungsian korban gempa Sulbar di UPT Inang Matutu, Dinas Sosial Sulsel, Rabu (20/1/2021).

Nurdin menyebut, Pemprov Sulsel hadir untuk membantu saudara yang terdampak bencana. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jumlah pengungsi akan terus bertambah setiap harinya.

“Jika mereka bisa kembali ke kampung bertemu keluarga mungkin trauma bisa terobati. Saya berdiskusi dengan semuanya sebenarnya mereka merantau ke Sulbar dan punya rumah di luar Sulawesi,” sebutnya.

“Tetapi mereka harus di swab pcr dulu sebelum pulang ke kampung halaman. Gunanya untuk memastikan mereka kembali dalam keadaan sehat,” sambungnya.

Plt Kepala Dinas Sosial Sulsel, Gemala Faoza memaparkan, tempat pengungsian korban berada di dua titik yakni Asrama Haji dan UPT Inang Matutu. 

Khusus di UPT Inang Matutu ada sebanyak 107 orang pengungsi yang rata-rata bersal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Sementara di Asrama Haji ada sebanyak 28 orang pengungsi.

“Pengungsi datang terus dan pastinya terus didata. Kami memberikan kebebasan bagi mereka apakah mau ke keluarga di Makassar atau ditampung di sini (UPT Inang Matutu) atau di Asrama Haji,” bebernya.

Ia menuturkan, seluruh pengungsi wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah klaster baru covid-19.

“Kondisi pengungsi secara umum dalam keadaan sehat. Ada beberapa yang terkena reruntuhan bangunan tapi kami sudah periksakan di puskesmas dan ada tiga orang yang terkonfirmasi positif covid-19 yang langsung di isolasi di Hotel Swissbel,” tuturnya.

“Yang berasal dari Kalimantan kita usahakan pulangkan secepatnya. Ada 10 orang yang akan pulang menggunakan kapal laut difasilitasi pemerintah,” lanjutnya.

Salah seorang pengungsi asal Kota Gresik Jawa Timur, Muhammad Gofur tak hentinya berterima kasih kepada Pemprov Sulsel, khususnya Gubernur Nurdin Abdullah yang dengan kerendahan hati telah membesuk dan bersedia memulangkannya ke kampung halaman. 

“Terima kasih banyak pak Gubernur Sulsel. Saya sekeluarga akan siapkan barang untuk penerbangan ke Jawa Timur,” katanya dengan suara lirih dan dengan mata yang berkaca-kaca. (Red/Pensa)

0 Comments