Sulsel Terima 13 Ambulans dan Damkar dari Jepang

UJARAN.MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah menerima 13 unit ambulans dan Damkar. Kendaraan tersebut merupakan hibah dari Ehime Jepang yang diserahkan langsung oleh perwakilan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), di Gedung Karaeng Pattingalloang, Gubernuran, Jumat (5/2/2021).

“Hari ini kita dapat berkah berkat kerjasama sejak tahun 2009, yaitu bantuan Damkar dan ambulans, jumlah 13 unit dan akan menyusul lagi 21 unit akan dikirim secara bertahap,” beber Nurdin Abdullah. 

Dari segi keuangan, damkar dan ambulans ini menguntungkan bagi Pemprov Sulsel. Sebab selain tidak dibayar, biaya masuk di Indonesia juga hanya membayar ongkos pengiriman sebanyak Rp30 juta per satu kontainer.

“Satu kontainer itu biayanya Rp30 juta, apalagi biaya masuk juga tidak ada dan ini kan hibah. Kita cuma membayar ongkos sehingga lebih hemat dari segi anggaran, tanpa menghentikan layanan pada masyarakat,” ujarnya. 

Menurut Nurdin, bantuan tersebut akan meringankan beban APBD daerah sehingga diharapkan seluruh proses administrasi bisa lebih cepat. Dengan begitu tidak menyulitkan pemberi hibah untuk menampung damkar dan ambulans.

“Ini udah secara resmi penyerahan dihadiri Dubes Jepang, dari Presiden Toyota Cocy maupun Toyota Ehime, Gubernur Ehime tentu ini akan semakin memperluas lagi kerjasama kita, dan ini suatu hal yang menggembirakan pada kita,” jelasnya. (red/pensa)

0 Comments