Karya Seni Bertaburan di Taman Pintar Pinrang

Foto: Pameran seni yang digagas Pinrang Art Space

UJARAN.PINRANG – Kelompok pegiat seni budaya Kota Pinrang, yakni Pinrang Art Space (PAS) menggelar pameran seni rupa dan dialog seni budaya dengan tema “Dampak dan Harapan Pasca Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 23 Maret hingga 25 Maret 2021 di Taman Pintar, Kabupaten Pinrang.

PAS selaku penggagas kegiatan pameran seni rupa ini menampilkan karya-karya anak Pinrang. Tidak kurang dari 50 karya lukis dipajang di Pendopo Taman Pintar, Kabupaten Pinrang.

Sementara untuk dialog seni budaya dilaksanakan tiga sesi, untuk hari pertama membincangkan kesehatan, pariwisata, dan UMKM dengan narasumber Kadis Pariwisata Pinrang, Andi Suyuti, Kadis Kesehatan Pinrang, Dyah Puspita Dewi, dan pelaku UMKM, Yulianti.

Pada hari kedua akan membincangkan budaya dan literasi, hadir sebagai pemantik dialog Budayawan Pinrang, Andi Pabbiseangi, dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pinrang, H.M. Aswin.

Untuk hari ketiga dialog seni budaya itu berbicara soal pemerhati budaya dan pemuda, sebagai narasumber adalah Hasiming selaku perwakilan Pemda Pinrang, Pegiat Lingkungan, Ali Topan, dan Pegiat Pusaka Bumi Lasinrang, Abdul Kadir. Adapun pemandu dialog seni budaya tersebut adalah Hamdan.

Perwakilan PAS, Andi Syamsul Bahri mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengobati kejenuhan selama jeda panjang masa Pandemi Covid-19.

Meski dengan rasa was-was, Ancu sapaan akrabnya melanjutkan bahwa keyakinan dan spirit yang sungguh-sungguh kegiatan ini tetap mengupayakan tertib protokol kesehatan yang telah diterapkan.

“Kegiatan ini juga untuk memantik agar kegiatan seni dan budaya betul-betul hidup di Pinrang dengan harapan di Pinrang memiliki kesadaran baru tentang pentingnya pengembangan seni budaya dalam membangun daerah,” kata Ancu.

“Kita memiliki banyak potensi tetapi potensi itu tidak akan menjadi energi penggerak jika tidak dikelola secara baik,” sambung Ancu.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pinrang, H.M. Aswin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang digagas pemuda pecinta seni Kabupaten Pinrang.

“Literasi seni budaya penting bagi generasi kita di Pinrang, utamanya ditengah perubahan zaman yang semakin cepat. Dialog sangat penting agar pemerintah dan para pegiat seni budaya dapat bersinergi,” imbuh Aswin.

0 Comments