Tulis Surat Terbuka Soal Larangan Mudik, Arief Muhammad Malah Diajak Anya Geraldine Lebaran di Kamar

Foto: kolase Arief Muhammad (atas), Anya Geraldine (bawah). Source: Instagram ariefmuhammad dan anyageraldine.

UJARAN.JAKARTA – Pemerintah telah melarang mudik lebaran 2021 pada 6-17 Mei mendatang dengan mempertimbangkan resiko penularan Covid-19. Kebijakan melarang mudik lebaran ini diambil sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para menteri pada (23/3/21) yang lalu.

Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan angka penularan dan kematian Covid-19 yang masih tinggi terutama pasca libur panjang. Apalagi, pada perayaan lebaran tahun lalu telah terjadi angka kenaikan rata-rata kasus harian infeksi Covid-19.

Pelarangan mudik lebaran tahun 2021 ini tak sedikit menimbulkan reaksi dari masyarakat Indonesia, tak terkecuali seorang youtuber Indonesia, Arief Muhammad.

Arief Muhammad dalam unggahan Instagramnya, Rabu (31/3/21) mengungkapkan kesedihannya melalui surat terbuka lantaran tak bisa bertemu keluarganya saat momentum hari raya umat Islam.

Dikatakan Arief bahwa dirinya untuk tahun ini masih bersilaturahmi secara virtual bersama keluarganya lantaran adanya pelarangan mudik oleh pemerintah.

Berikut isi surat terbuka Arief Muhammad yang diunggah di akun Instagram pribadinya:

“Yang Terhormat
Bapak Presiden
Keluarga Dikampung
dan Warga yang Tidak Mudik
Di tempat

Sehubungan dengan keputusan hasil rapat para Menteri pada Jumat 26 Maret yang menyatakan LARANGAN TERHADAP MUDIK 2021, dengan berat hati saya harus menyampaikan perasaan sedih dikarenakan tahun ini saya dan keluarga MASIH tidak bisa bersilaturahmi secara tatap muka sampai waktu yang belum ditentukan.

Saya berharap semua keluarga yang membaca surat ini dapat memaklumi keputusan yang sudah ditetapkan dan mendukung keputusan tersebut demi menghambat penyebaran Covid-19 dan demi keselamatan kita bersama.

Maka dari itu untuk menyukseskan maksud tersebut, saya mewakili lapisan masyarakat lainnya meminta agar:
1. Fakir kuota dan warga online dipelihara oleh negara
2. Pemerataan distribusi jodoh atau setidaknya teman untuk bertukar pesan dikala kesepian
3. Jaminan terhadap sinyal agar tidak mengalami gangguan selama bulan Ramadhan maupun lebaran.

Kepada yang berwenang, mohon memberikan kompensasi subsidi kuota internet untuk warga yang tidak bisa mudik, supaya tetap bersilaturahmi melalui video call dengan keluarga kami di kampung.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Karena dalam rangka menjalani kehidupan di bulan yang suci alangkah baiknya kita meminimalisir cobaan bagi diri sendiri,” tulis surat terbuka Arief Muhammad dalam unggahannya di Instagram.

Menariknya dari surat terbuka tersebut, Aktris dan juga Selebriti Medsos, Anya Geraldine ikut berkomentar terkait surat terbuka yang dilayangkan Arief Muhammad.

“Setuju banget @ariefmuhammad dah lah lebaran di kamar aja,” balas Anya Geraldine menggunakan emot tertawa.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya mendukung pelarangan mudik lebaran untuk tahun ini.

“Kementerian Perhubungan mendukung pelarangan mudik yang didasari oleh pertimbangan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dan hasil keputusan rapat koordinasi tingkat menteri. Sebagai tindak lanjutnya, saat ini kami tengah menyusun aturan pengendalian transportasi yang melibatkan berbagai pihak,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi, dikutip dari laman Setkab, Selasa (30/3). (red/pensa)

0 Comments