Strategi Jitu KSM Tenggiri Kembangkan Usaha di Tengah Pandemi

Foto proses pembuatan kemasan produk

UJARAN.SINJAI – Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tenggiri merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah yang ada di Sinjai yang berfokus pada penciptaan produk-produk lokal, dimana terdapat 6 (enam) jenis produk yang di hasilkan dalam usaha tersebut diantaranya abon ikan tuna, naget ikan, bakso ikan, amplang, otak-otak dan siomay. Rabu, (07/04/21).

Mengembangkan sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam strategi pengembangan UMKM, terlebih saat ini produk harus bersaing dengan produk impor, sehingga kita harus mengelola manajemen usaha dengan baik.

Pada era digital saat ini, peran media sosial sangat besar dalam memasarkan produk UMKM dengan menggunakan media sosial memudahkan kita dalam mempromosikan produk dengan biaya yang sesuai tetapi lebih tepat sasaran.

KSM Tenggiri menjalin kerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) dalam rangka bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Adapun produk yang di jadikan bahan bantuan sosial salah satunya Abon ikan tuna.

Pemilik UMKM, Risda mengungkapkan sangat antusias dalam pengembangan usaha dimana selain membantu program pemerintah juga berdampak positif pada usahanya

“Kita bisa lihat di tengah pandemi sekarang dinas sosial masih mempercayakan kepada KSM Tenggiri sejak april 2020 untuk memproduksi abon ikan tuna, dimana abon tersebut merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Dinas Sosial atas bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, ungkapnya.

“Setiap bulan dinas sosial mengeluarkan bantuan tersebut, dan untuk KSM Tenggiri sangat antusias dalam memproduksi, selain membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat juga membantu dalam pengembangan usaha KSM Tenggiri yang tepatnya meningkatkan omzet penjualan di tengah pandemi sekarang,” tutupnya.

Bagi pelaku UMKM itu menjadi strategi yang sangat bermanfaat di masa pandemi selain menjalin kerjasama juga memberikan bantuan besar kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu, dengan adanya bantuan tersebut dalam pengembangan usaha perlu adanya inovasi agar usaha tersebut bisa berkembang dan lebih maju dalam skala besar.

Penulis : Accul

0 Comments