Akibat Hujan Deras, Saluran Irigasi di Bonto Salama Ambruk

Foto: Warga Desa Bonto Salama memperbaiki saluran irigasi yang ambruk.

UJARAN.SINJAI – Saluran Irigasi di Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai ambruk lantaran hujan deras yang terjadi, Selasa (25/5/21).

Akibat hujan deras itu, longsor yang terjadi mengakibatkan saluran irigasi di Desa Bonto Salama Ambruk.

Terlibat dari pantauan media, beberapa warga secara bergotong royong melakukan perbaikan terhadap irigasi yang ambruk tersebut.

Salah satu warga, Sahril mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai yang turun langsung mengatasi masalah tersebut.

“Belum ada. Sedangkan seharusnya, dinas terkait turun tangan akan hal ini karena itu tugasnya, apalagi kejadian ini sudah terjadi dua kali longsor dalam beberapa hari terakhir,” kata Sahril saat ditemui wartawan Ujaran, Rabu (26/5/21).

“Saat ini masa Pandemi, jadi ketahanan pangan di pedesaan harus diperkuat,” Sahril melanjutkan.

Anggota BPD Bonto Salama ini juga bersyukur lantaran musibah yang terjadi di desanya tak menyurutkan kearifan lokal masyarakat sekitar.

“Ini bentuk kearifan lokal petani sawah dalam bergotong royong memperbaiki kerusakan irigasi apalagi sekrang musim tanam padi,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi Pemerintah Desa (Pemdes) Bonto Salama yang telah sigap merespon kejadian tersebut. (red/pensa)

0 Comments