"Mabuk Utang: Indonesia di Ambang Krisis Ekonomi" Jadi Tema Dialog BEM FEB Unismuh

Foto kegiatan Dialog Ekonomi BEM FEB Unismuh.

UJARAN.MAKASSAR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Dialog Ekonomi secara virtual, Kamis (08/07/21).


Mengusung tema, “Mabuk Utang: Indonesia di Ambang Krisis Ekonomi,” pelaksana kegiatan menghadirkan Akademisi Unismuh, Ismail Rasulong dan Anggota DPR RI Komisi XI (Bidang Keuangan dan Perbankan), H. Kamrussamad sebagai narasumber.

Ketua Umum BEM FEB Unismuh Makassar, Darmawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberikan edukasi terkait alokasi dana utang Negara.


“Tujuan diadakannya dialog ini ialah untuk mengedukasi soal alokasi dana utang dan ancaman dari banyaknya utang luar negeri yang dilakukan olah Pemerintah RI,” ujarnya.


Sementara itu, Akademisi Unismuh, Ismail Rasulong mengatakan bahwa utang pemerintah merupakan sesuatu yang terpaksa dilakukan.


“Utang Pemerintah adalah sesuatu yang tidak diinginkan, tetapi terpaksa dilakukan. Membebani sekaligus meringankan. Aku tidak punya mata Kecuali mata Konstitusi, dengan mata Konstitusi Presiden bisa mengetahui apa yang benar. Presiden harus bisa bertindak benar dengan integritas moral yang tidak mudah goyah (Abraham Lincoln),” tuturnya.

Di sisi lain, Anggota Bidang Keilmuan BEM FEB Unismuh, Devi Annisa mengatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan mampu memperkuat nalar kritis mahasiswa.


“Dialog kali ini diusung selain dengan harapan memperkuat nalar kritis sebagai seorang mahasiswa, juga agar mampu menimbulkan kekhawatiran atas kondisi bangsa sampai hari ini. Alokasi dana utang yang kurang atau bahkan tidak efektif sehingga penting menjadi sorotan kita bersama,” katanya.

Penulis : Kasmir

0 Comments