Rektor UNM Kukuhkan 9000 Lebih Mahasiswa Baru

Foto bersama para piminan UNM dengan Mahasiswa Baru yang mengikuti PKKMB secara offline.

UJARAN.MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan tajuk Generasi Pemungkin UNM di Era MBKM di ruang Teater Menara Pinisi, Jalan A.P. Pettarani, Kamis (12/08/21).

Kegiatan PKKMB 2021 yang dilaksanakan secara online dan offline (blended) tersebut dihadiri oleh Rektor UNM, Ketua Senat, para Wakil Rektor, para Dekan dan Direktur PPS, para Ketua Lembaga, para Kepala Biro, Ibu Darma Wanita, Kepala UPP Kampus Parepare dan Bone, dan dihadiri 9581 mahasiswa baru.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Prof. Sukardi Weda menyampaikan tujuan dari PKKMB tersebut.

“Tujuan dari PKKMB ini adalah untuk membantu mahasiswa baru agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kehidupan kampus, baik dibidang akademik maupun non akademik, serta untuk mengembangkan potensi mahasiswa baru sehingga dapat berinovasi, berkarakter, berkarya serta mampu berdaya saing dengan perguruan tinggi lain tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 serta kearifan lokal,” ujarnya.

Sukardi Weda juga mengajak mahasiswa agar memanfaatkan waktu untuk meningkatkan kecerdasan intelektual.

“Anak-anakku beruntung menjadi mahasiswa UNM karena UNM adalah Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi Unggul A dan dengan dukungan infrastruktur dan suprastruktur yang sangat memadai untuk menjadikan anak-anakku sekalian sebagai calon pemimpin masa depan bangsa ini. You are the agent of change of this nation, the power of change is you. Saya mengajak mahasiswa baru untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengisi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual anak-anakku,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof. H. Husain Syam, mengawali sambutannya dengan memperkenalkan para pejabat UNM dan mengatakan bahwa UNM adalah PT terbanyak meloloskan mahasiswanya pada program MBKM 2021.

“Saya ingin menjadikan mahasiswa UNM sebagai mahasiswa Pemungkin, menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin,” katanya.

Prof. Dr. Ir. Husain Syam mengatakan bahwa ia berharap UNM mampu menyamai Perguruan Tinggi yang ada di Eropa.

“Kita mau UNM sama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Amerika, Eropa, dan lain-lain, dalam berbagai hal, terutama dalam mengakses informasi dan teknologi dimanapun Anda berada, karena UNM telah memiliki infrastrukturnya. Menjadilah mahasiswa yang bertalenta untuk mengharumkan nama UNM tujuan dari PKKMB ini adalah menjadi arah bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan Kampus,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Prof. H. Husain Syam memberikan apresiasi berupa hadiah kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang minat dan bakat, termasuk penghafal/hafidz Al-Qur’an, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia juga berjanji untuk memberikan hadiah kepada mahasiswa baru berprestasi UNM yang mengikuti PKKMB secara virtual, dengan membawa bukti perlombaan yang diikuti.

Penulis : Kasmir

0 Comments