LAKIN Warning Pekerjaan Paket Jalan Paving Blok PU Kota Makassar

Foto: sample paving blok rusak.

UJARAN.MAKASSAR – Lembaga Anti Korupsi Nasional (LAKIN) kembali menyoroti pekerjaan paket jalan lingkungan di Kota Makassar Tahun Anggaran (TA) 2021.

Pihak LAKIN mengaku memiliki dugaan ada ketidak sesuaian kualitas bahan yang digunakan dengan standar atau persyaratan.

Atas hal tersebut, Ketua Umum LAKIN, Dwi Putra Kurniawan memberikan peringatan kepada pihak kontraktor agar tidak melakukan kecurangan mutu kualitas beton.

“Saya ingatkan para pengambil kebijakan di Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar tidak main-main dalam penggunaan uang negara, agar konsisten menjaga kualitas dan kuantitas pekerjaan di lapangan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya menduga adanya pekerjaan paket jalan yang tidak sesuai dengan standar persyaratan.

“Banyak kami duga pekerjaan paket jalan yang tidak sesuai dengan kualitas yang dipersyaratkan, oleh karena itu kami ingatkan agar para kontraktor tidak melakukan proses kecurangan dalam pekerjaan. Kami tidak segan-segan melakukan pelaporan ke Aparat Penegak Hukum (APH) jika membandel, kami tetap komitmen dalam melakukan kontrol tanpa pandang bulu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Putra juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi hasil uji laboratorium dari beberapa sample bahan yang digunakan dalam pekerjaan paket tersebut.

“Setelah kami cek ada beberapa ruas jalan yang sementara dikerjakan diakhir tahun dan tetap dalam kontrol kami. Dwi putra, kami juga sudah melakukan uji laboratorium terkait bahan yang digunakan oleh kontraktor dan kami sudah mengantongi hasil dari beberapa sample yang kami uji, jadi jangan main-main tentang kualitas di lapangan,” pungkasnya.

0 Comments