Prof Sukardi Weda Menguji S3 di PPS UNM

UJARAN.MAKASSAR – Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPS UNM) Menggelar Ujian Promosi Doktor atas nama Besse Darmawati di Gedung AD lt. 5 PPS UNM, Jl. Andi Jemma, Makassar, pada Senin (17/01/2022).

Penguji dalam Ujian Promosi Doktor ini adalah: Prof Drs Muhammad Basri MA PhD selaku penguji internal, Prof Dr Sukardi Weda SS MHum MPd MSi MM MSosI MAP selaku penguji internal, Prof Dr Baso Jabu MHum selaku penguji internal, Prof Dr Fathu Rahman MHum selaku penguji ekternal dari Universitas Hasanuddin, Dr Abd. Halim MHum selaku penguji kopromotor, dan Prof H M Asfah Rahman MEd PhD selaku penguji promotor.

Promovenda, Besse Darmawati mempertahankan disertasinya berjudul: Literature Based English Instruction in an Indonesian Islamic Junior High School, di hadapan 6 penguji. Promovenda menjawab pertanyaan dan komentar dari para penguji promosi dengan sangat mengesankan dan sesekali diikuti tepuk tangan dari para undangan atas kesan dan apresiasi dari penguji atas ketepatan jawaban yang diberikan. Prof Dr Fathu Rahman selaku penguji promosi eksternal mengatakan saudari promovenda adalah real doctor (doktor yang sebenarnya).

Prof Dr Sukardi Weda, mengajukan beberapa komentar dan pertanyaan tentang pengalaman paling berkesan selama menempuh program doktor. Promovenda, Besse Darmawati menjawab bahwa pengalaman paling berkesan adalah ketika menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan para dosen pembimbing dan dosen penguji, yang selalu memberikan motivasi untuk berhasil. Prof Sukardi Weda menambahkan bahwa penelitian promovenda sangat menarik karena sastra bukan hanya dinikmati atau menghibur tetapi juga ada pesan-pesan yang disampaikan, seperti pesan moral, sosial dan lain-lain. Disamping itu, sastra dapat dijadikan sebagai materi otentik dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Besse Darmawati lulus ujian promosi dengan nilai A dan lulus dengan IPK 3,97, predikat sangat memuaskan serta tercatat sebagai doktor ke 1012 PPS UNM dan doktor ke 87 Program Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris PPS UNM.

Sebelum mengakhiri prosesi ujian promosi, ada testimoni dari Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Dewi Pridayanti S Sos M Adm SDA, mengatakan Dr Besse Darmawati lahir dari Balai Bahasa Sulawesi Selatan dan berharap Dr Besse Darmawati dapat tetap berkontribusi baik kepada Balai Bahasa Sulsel untuk pembangunan bangsa ini. “Dr Besse Darmawati adalah pribadi bertalenta, pekerja keras, dan dapat menyelesaikan tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya dengan baik,” ujarnya. (Red/Acc)

0 Comments