Pelatihan DEA Kabupaten Konawe di Tutup Secara Resmi

UJARAN.MAKASSAR – Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kabupaten Konawe, yang telah dilaksanakan sejak tanggal 07 Februari 2022, telah ditutup secara resmi oleh Drs. H. Muh Akib Ras, M.Si, selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Konawe. Turut hadir, Bapak Junaedy Aspan, S.Sos, M.AP, selaku Koordinator Bidang Tata Usaha dalam memberikan sambutan penutup mewakili Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar, Kamis (17/02/2022).

Pelaksanaan Digital Entrepreneurship Academy di Kabupaten Konawe ini sukses dilaksanakan sebanyak 4 Angkatan dengan waktu yang berbeda-beda. Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 07-08 Februari, Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 10-11 Februari, Angkatan III di laksanakan pada tanggal 13-14 Februari, dan Angkatan IV yang baru saja selesai, dilaksanakan pada tanggal 16-17 Februari hari ini.

Animo dan antusiasme peserta yang berasal dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap pelatihan ini terbilang sangat tinggi. Jumlah pelamar yang terdeteksi mencapai angka 1.009 orang. Target pelatihan yang awalnya hanya diperuntukkan kepada 600 orang untuk 4 angkatan, akhirnya ditingkatkan menjadi 700 orang, antara lain 171 orang pada Angkatan I, 178 orang pada Angkatan II, 175 orang pada Angkatan III, dan 176 orang pada Angkatan IV.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha kami. Materi yang diberikan berupa Pengelolaan Keuangan Digital dan Akses Permodalan sangat berguna dan mudah dipahami serta disampaikan dengan cara yang seru dan menyenangkan. Beberapa dari kami juga mendapat kesempatan untuk dibantu dalam hal promosi produk. Kami UMKM Kabupaten Konawe mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemda Konawe dan Balai Kominfo Makassar atas penyelenggaraan Pelatihan ini,” ujar Yumiati (Pengusaha Kopi Jahe Ina)

Selain Ibu Yumiati, beberapa UMKM yang bergerak di bidang industri kreatif dan kuliner juga diberikan kesempatan untuk mempromosikan produknya selama mengikuti pelatihan dengan penyediaan stand khusus untuk produk UMKM. Hal tersebut dimaksudkan sebagai media promosi dan menjadi dorongan alamiah kepada pelaku UMKM lain agar termotivasi dan lebih semangat dalam mengembangkan usahanya.

“Dengan bekal ilmu pengetahuan berupa pengelolaan keuangan digital dan informasi akses permodalan yang telah diperoleh selama mengikuti pelatihan, kami berharap UMKM Kabupaten Konawe bisa naik kelas menjadi Digipreneur dan siap menghadapi persaingan pasar di Era Revolusi Industri 4.0,” jelas Mukhlis Amin, ST, MT, selaku Ketua Panitia dan Koordiantor Pengembangan SDM Balai Kominfo Makassar.

“Bagi seluruh peserta yang belum memiliki kesempatan untuk mengikuti program DEA kali ini, kami masih akan mengadakan program DTS lain di Kabupaten Konawe, seperti pelatihan Content Creator, dan lainnya. Maka dari itu, terus pantau media digital Balai Kominfo Makassar untuk informasi selanjutnya. DTS Konawe, MEAMBO !!,” tambahnya

Sebagai kata penutup, Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Kepala Dinas Kominfo juga mengucapkan banyak terimakasih dan bersedia menerima kedatangan rombongan BBPSDMP Kominfo Makassar pada program DTS lainnya dalam rangka pengembangan SDM di Kabupaten Konawe sebagai bagian dari generasi “Jadi Jagoan Digital”. (Red/As)

0 Comments