WR 3 UNM Membuka Workshop PPK Ormawa 2022

UJARAN.MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) Menggelar Workshop PPK Ormawa Tahun 2022 yang berlangsung secara daring dan diikuti 204 orang yang terdiri dari mahasiswa, pengurus LK, dan dosen pembimbing, pada Sabtu (09/4/2022).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Prof. Dr. Sukardi Weda, Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Bakhrani Rauf, M.T., dan Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd., yang juga Narasumber kegiatan sosialisasi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sukardi Weda mengatakan bahwa Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA), bertujuan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa, meningkatkan kapasitas lembaga kemahasiswaan, dan merupakan pengejawantahan program MBKM dari Kemendikbudristek.

“Melalui PPK Ormawa ini, mahasiswa dapat berkontribusi aktif dan positif pada pembangunan masyarakat (community development/comdev), terutama kepada masyarakat marginal, masyarakat pelosok yang memerlukan sentuhan dari mahasiswa. Melalui workshop ini, diharapkan mahasiswa dapat membuat proposal kegiatan yang layak jual dan dapat berkompetisi untuk memenangkan program ini, melalui sosialisasi ini, diharapkan juga para peserta memperoleh informasi terkait topik – topik menarik yang akan dikompetisikan,” ujarnya.

Sementara itu Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd., melalui paparannya yang bertajuk Strategi Penyusunan Proposal PPK ORMAWA Tahun 2022, mengatakan bahwa PPK ORMAWA ini langsung menyasar Ormawa.

“Program ini juga lahir karena animo mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi pada program serupa masih tergolong rendah. PPK ORMAWA merupakan pelaksanaan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan,” ujar Dr. Parmin

“Ormawa UNM termasuk Ormawa yang produktif, karena beberapa kali memenangkan program serupa, seperti PHP2D dan P3D. Tujuan utama bergabung di Ormawa adalah untuk meningkatkan kemampuan soft skill, seperti kepemimpinan (leadership), public speaking, social relation, bela negara, dan lain – lain sebagai bekal menjadi pemimpin bangsa ini dan melalui program ini, para mahasiswa dan pengurus LK dapat belajar memimpin, manajemen, membangun tim, organisasi, dan mengarahkan orang. Terkait dengan sosialisasi PPK Ormawa, para Ormawa tinggal mengacu pada indikator yang ada dalam panduan, yakni dengan memenuhi semua indikator yang ada dan boleh ditambahkan,” ungkapnya. (Red/As)

0 Comments