Jadi Narasumber di UINAM, Burhan SJ Sebut Pentingnya Kecerdasan Politik

Foto: proses pelaksanaan Dialog Ilmiah HMJ-IP Fakultas Saintek UINAM.

UJARAN.GOWA – Burhan SJ menjadi narasumber pada kegiatan Dialog Ilmiah yang diselenggarakan oleh HMJ-IP Fakultas Saintek UINAM, Sabtu (21/05/22).

Dalam kegiatan yang bertema “Peran Strategi Mahasiswa Terhadap Dinamika Sosial Politik Bangsa,” tersebut. Burhan SJ menyampaikan bahwa salah satu masalah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa.

“Banyak mahasiswa atau sarjana yang takut untuk terjun dalam politik praktis atau praktik politik. Inilah yang menyebabkan orang yang menjadi praktisi-praktisi politik berasal dari kalangan orang-orang yang pada dasarnya tidak memiliki kecerdasan intelektual yang cukup untuk menjalankan roda organisasi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa harus menjadi orang pertama yang bergerak dalam politik.

“Mahasiswa sebagai agen perubahan harusnya menjadi orang pertama yang bergerak dalam dunia politik untuk menjaga kualitas sistem kebijakan,” katanya.

Tidak hanya itu, Burhan juga menjelaskan perihal salah satu cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam membangun daerahnya.

“Kalau pun teman-teman tidak ingin masuk partai kita bisa membangun daerah kita dengan cara mencerdaskan masyarakatnya. Kita tidak harus berpartai untuk membangun daerah, kita bisa memperbaiki mulai dari akar-akarnya. Seperti misalnya yang saya lakukan dengan teman-teman di Sinjai, kami sudah membentuk sekitar beberapa Taman Baca guna mempermudah akses masyarakat desa untuk mendapatkan buku bacaan yang sebelumnya sulit atau bahkan tidak bisa mereka akses,” jelasnya.

Turut hadir narasumber lain, Demisioner Ketua Maperwa UNM Periode 2017-2018, M. Yunasri Ridho. (Red/K.A)

0 Comments