Kembangkan Atlet dan Olahraga, Dispora Makassar Gagas Perda Atlet

UJARAN.MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar dan Komite Olahraga Nasional Indonesia Makassar menegaskan komitmennya terkait pengembangan atlet dan keolahragaan di Makassar. Salah satu bentuk keseriusan tersebut dituangkan dalam upaya mendorong disahkannya rancangan Perda Atlet.

Kepala Dispora Makassar, Andi Pattiware di mana pihaknya saat itu tengah menggodok Ranperda atlet dan berharap bisa nenjadi Perda segera tahun ini.

“Kita sudah mulai menyusun draft untuk pembuatan Ranperda Keolahragaan. Semoga tahun ini sudah bisa diusulkan ke DPRD untuk dibahas menjadi sebuah Perda,” ujar Pattiware

Sementara itu, Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto mengatakan, setidaknya ada 5 hal yang menjadi alasan utama Dispora Makassar dan KONI menginisiasi rancangan Perda ini. “Yang pertama kata yakni pembinaan prestasi mulai usia dini,” katanya.

Kedua, menjadikan olahraga ini sebagai mitigasi sosial bagiamana olahraga berkontribusi terhadap perilaku-perilaku negatif, memindahkan energi negatif ke positif

Ketiga, yakni kesejahteraan atlet, didalamnya ada kalender event, Makassar sport show. Keempat, melahirkan perda sebagai payung hukum untuk memberikan insentif setiap bulan kepada atlet yang berprestas.

“Kelima, kita juga akan mencoba mendigitalisasi semua sistem pembinaan olahraga di kota Makassar, kita mulai dengan melahirkan database untuk atlet pelatih dan stakeholder olahraga,” ujar Ahmad Susanto, (25/5/022)

0 Comments