Aliansi Pemuda Batu Le'leng Bersatu Kumpulkan Donasi Perbaiki Jalan Penghubung ke Kota

UJARAN.JENEPONTO – Penggalangan dana untuk pembelian timbunan jalanan yang berlubang. Aksi ini dilakukan oleh ALIANSI PEMUDA BATU LE’LENG BERSATU yang diketuai oleh Sahabuddin Daeng Ngalle dengan melibatkan pemuda Dusun Batu Le’leng.

Aksi kemanusiaan ini muncul lantaran banyaknya jalanan yang berlubang sehingga mengakibatkan sulitnya masyarakat untuk mengakses ke wilayah Batu Le’leng (Dusun Batu Le’leng Timur, Dusun Batu Le’leng Tengah dan Dusun Batu Le’leng Barat).

Aksi kemanusiaan ini dilakukan pada hari Sabtu, 4 Juni 2022. Sementara esok harinya Minggu, 5 Juni 2022 langsung dilakukan pengerjaan (proses penimbunan).

Penggalangan ini berlangsung pada dua dusun, yakni Dusun Batu Le’leng Timur dan Batu Le’leng Barat Desa Mallasoro Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Tetapi, akses jalanan yang akan ditimbun mulai di Jl. Dusun Baranaka I yang merupakan akses penghubung dari wilayah kota menuju Batu Le’leng (Dusun Batu Le’leng Timur, Dusun Batu Le’leng Tengah dan Dusun Batu Le’leng Barat).

Aksi kemanusiaan ini sangat diapresiasi oleh masyarakat setempat. Hal ini dapat dilihat dengan tingginya animo masyarakat untuk memberikan sumbangan sehingga mampu mengumpulkan sebayak Rp. 3.985.000. Tak hanya itu, aksi kemanusiaan ini mampu menarik perhatian pejabat publik.

Seperti H. Zainuddin Bata (Fraksi PKS DPRD Kabupaten Jeneponto Periode 2019-2024) yang memberikan bantuan sebanyak 5 Mobil timbunan dan Andi Rudi Kr. Gatta selaku Kepala Desa Mallasoro sebanyak 2 Mobil timbunan. Dengan demikian, aksi kemanusiaan tersebut menghasilkan timbunan sekitar 20 mobil. Tak hanya itu, proses pengerjaannya pun mendapat respon positif oleh masyarakat setempat karena turut ikut berpartisipasi dengan membantu dalam bentuk tenaga, memberikan makanan serta menyiapkan kopi bagi pekerja.


Namun, saat dikonfirmasi kepada salah satu anggota Aliansi Pemuda Batu Le’leng Bersatu, Saharuddin mengatakan bahwasanya sumbangan yang masuk telah lumayan banyak namun belum cukup

“Sumbangan yang masuk sudah lumayan banyak, namun belum cukup. Masih ada beberapa lubang yang perlu ditimbun tapi masih terkendala dengan anggaran yang terbatas. InsyaAllah dalam waktu dekat ini kami akan koordinasi dengan teman-teman untuk membahas langkah selanjutnya,” ungkapnya.


Dedy Herianto, S.Ip., M.A.P. selaku Dosen pada Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar memberikan komentarnya terkait dengan kegiatan ini bahwa:

“Saya pikir aksi kemanusiaan ini perlu kita apresiasi karena pemuda kita khususnya di Batu Le’leng masih memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Pasalnya, anak muda saat ini umumnya banyak disibukkan dengan aktivitas yang kurang produktif seperti main game online Fire Fire, PUBG, bahkan game yang mengarah kepada perjudian seperti poker, higgs domino dengan tagline “ADAKAH SEDEKAH”, dll,” tuturnya.

“Saya harap semangat dan spirit anak muda kita ini perlu dijaga bahkan sebaiknya ditingkatkan agar secara keseluruhan anak muda kita di Batu Le’leng ini lebih produktif lagi. Sudah saatnya kita masyarakat Batu Le’leng untuk saling bahu membahu dan solid demi kepentingan bersama. Saya juga berharap agar pihak Pemerintah Desa Mallasoro lebih giat dalam mengkoordinasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto baik Eksekutif maupun Legislatif sehingga jalanan ini menjadi prioritas utama dalam pembangunan infrastruktur kedepannya,” ujarnya. (Red/As)

0 Comments