IPM MA Tengah Lembang Bekali Siswa Jadi Pembicara Hebat

UJARAN.SINJAI – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Tengah Lembang menggelar kegiatan rutin pelatihan public speaking yang berpusat di ruang kelas MA Tengah Lembang yang di ikuti Siswa(i) MA Muhammadiyah Tengah Lembang, Sabtu (18/6/2022).

Pelatihan public speaking tersebut mengisi tema dari penggugup gagap, menjadi pembicara yang hebat. Serta menghadirkan pemateri public speaking Demisioner Ketua Umum PD IPM Kabupaten Sinjai,.ERIL, S.Pd.,M.H. Periode (2013-2015) sekaligus Dosen IAIM SINJAI, Pembina IPM MA Tengah Lembang Hasdar, Ketua Pengurus IPM MA Tengah Lembang Ilyas, serta seluruh pengurus IPM MA Tengah Lembang Periode 2021/2022.

Pemateri dalam pelatihan ini, Eril menuturkan bahwa “Public speaking mengajarkan betapa pentingnya kita menjaga lisan, pentingnya berkomunikasi secara baik, mengetahui siapa yang kita ajak bicara, dengan komunikasi membuat kita memudahkan menyelesaikan masalah,” ujarnya.

Lebih lanjut Eril, kegunaan berbicara di depan umum sekarang ini tak hanya berlaku untuk mereka yang berada di perguruan tinggi atau di ranah pendidikan saja, namun juga berlaku di ranah mana saja, terlebih lagi untuk adik-adik sekalian tentunya harus memiliki skill atau kemampuan berbicara di depa umum dengan modal utama adalah percaya diri dan menguasai audience.

“Terdapat 4 (empat) metode yang dibutuhkan ketika seseorang ingin menjadi pembicara di depan umum, yang pertama adalah impromptu, manuscrip, memoriter / hafalan, dan metode yang terakhir adalah extempore atau using note dimana metode ini hanya meniru garis besarnya saja,” tambah Eril

Sementara itu Hasdar, pembina IPM MA Tengah Lembang menyampaikan banyak terimakasih kepada Demisioner ketua umum PD IPM SINJAI yang juga sebagai pemateri untuk meluangkan waktunya sehingga dapat berbagi ilmu pada kegiatan pelatihan public speaking.

Terpisah Kepala MA Tengah Lembang, Syukur memberikan respon positif kepada pengurus IPM melalui keaktifannya dalam organisasi ini.

“Mengingat madrasah kami berada di naungan muhammadiyah sehingga ini merupakan suatu organisasi yang harus ada di madrasah MA Tengah Lembang. Terlepas dari pelatihan yang dilaksanakan hari ini, saya minta keseriusan ananda mengikuti materi yang disampaikan sehingga dapat di ajarkan ke teman-temannya yang lain bagaimana menjadi pembicara yang hebat di depan umum,” tutupnya. (Red/As)

0 Comments