Dinas PU Makassar Sosialisasikan Program Sambungan Rumah IPAL Losari


Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi sekaligus, yakni di Asrama Mattoangin, Jalan Opu Dg. Risadju, dan di Jalan Ratulangi Lorong 5A, pada Minggu (1/9/24).

UJARAN, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar bersama Tim KIAT-ISC dan Tim PIU menggelar sosialisasi pra-konstruksi Sambungan Rumah Program Hibah Air Limbah Terpusat Losari. 


Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi sekaligus, yakni di Asrama Mattoangin, Jalan Opu Dg. Risadju, dan di Jalan Ratulangi Lorong 5A, pada Minggu (1/9/24).


Sosialisasi ini bertujuan agar penerima manfaat atau pengguna Sambungan Rumah (SR) IPAL Losari memahami konsep dan desain perencanaan serta pemasangan sambungan rumah perpipaan air limbah. Tahun ini, sebanyak 370 Sambungan Rumah (SR) akan dibangun untuk mendukung program tersebut.


Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir, menyampaikan apresiasi atas sinergi yang terjalin antara Dinas PU, Bappeda, Dinas Kesehatan, PDAM, dan Tim KIAT-ISC dalam program ini. 


"Program ini sangat penting untuk memastikan pengelolaan air limbah yang lebih baik di Kota Makassar, yang tidak hanya mendukung kesehatan lingkungan tetapi juga kualitas hidup masyarakat," ujarnya kepada ujaran.


Zuhaelsi berharap, dengan adanya sambungan IPAL Losari, air limbah domestik, seperti air limbah rumah tangga dan lumpur tinja, dapat dikelola dengan baik sehingga aman bagi lingkungan. 


"Kami ingin memastikan pengolahan limbah yang efektif sehingga air yang diolah dapat dimanfaatkan kembali untuk berbagai kebutuhan," tambahnya.


Setelah sesi sosialisasi, peserta diberikan kesempatan untuk mengunjungi dan melihat langsung bagaimana pengelolaan air limbah di IPAL Losari. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat tentang pentingnya sambungan rumah perpipaan air limbah.


Sosialisasi ini juga dihadiri oleh pihak pelaksana dan pengawas serta tim teknis dari kegiatan tersebut, serta para penerima manfaat atau pengguna SR IPAL Losari. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Kota Makassar untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta memastikan pengelolaan air limbah yang berkelanjutan. (jj).

0 Comments