Aliansi Untuk Petani Tuntut BPN Morut Cabut HGU PT SPN

UJARAN.PALU – Aliansi untuk Petani Lee gelar aksi. Mereka meminta Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Morowali Utara (Morut) untuk mencabut surat keputusan sertifikat HGU di Desa Lee, Desa Kasingoli dan Desa Gontara.

Menurut Aliansi Untuk Petani Lee, PT Sinergi Perkebunan Nusantara (SPN) telah merampas tanah rakyat di Desa Lee, Kabupaten Morowali Utara.

Aksi tersebut berlangsung di depan Kantor BPN Sulteng pada senin (11/1/2021) pukul 10:00 Wita. Terlihat juga pihak keamanan dari kepolisian menjaga kegiatan tersebut.

Petani Desa Lee lakukan kasasi di Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia dan pada (6/10/2020) keputusan kasasi MA memangkan masyarakat Desa Lee.

Namun BPN Morowali sebagai tergugat tidak mematuhi putusan kasasi MA untuk mencabut HGU PT.SPN.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Pengendalian dan Penanganan Sengketa, Muh Rizal mengatakan akan mempelajari surat putusan tersebut.

“Nantikan suratnya kirim ke sini, kita pelajari dulu. Baca dulu putusannya bagaimana. Karna kami bekerja ada prosedur yang harus kami ikuti,” ungkap Muh Rizal, Senin (11/1/2021).

Ia juga mengapresiasi kepada peserta aksi karena tidak anarkis dalam menyampaikan aspirasi.

“Tanggapan saya baik, mereka tidak anarkis. Menyampaikan aspirasi itu wahar dalam dunia demokrasi,” ucapnya. (Red/Pensa)

Baca Juga :  Satgas Yonif MR 413 Kostrad Dirikan Pondok dan Pohon Natal

Facebook Comments

Next Post

3 OPD Diduga Terlibat Korupsi, Mahasiswa Bulukumba Akan Unjuk Rasa di Kejati Sulsel

Mon Jan 11 , 2021
UJARAN.MAKASSAR – Menyikapi dugaan korupsi di Kabupaten Bulukumba, Aliansi Mahasiswa Bulukumba kecam dan meminta aparat untuk bersikap tegas. Dugaan korupsi itu disebutkan terjadi di beberapa instansi pemerintah, diantaranya Dinas PUPR Bulukumba, Dinas Kesehatan Bulukumba, dan Dinas Pendidikan Bulukumba. Diungkap oleh Aliansi Mahasiswa Bulukumba, temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tahun anggaran 2019 adanya 5 temuan pemeriksaan di Butta Panrita Lopi julukan Kabupaten Bulukumba. Koordinator Lapangan Aliansi Mahasiswa Bulukumba, Syahrul mengatakan, mahasiswa […]