banner 1200x130

Bawaslu Takalar Siap Hadirkan Forum Awas Desa

  • Bagikan
banner 400x130

UJARAN.TAKALAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Takalar menggelar Camp Pengawasan Partisipatif di Perkemahan Taruttuka, Desa Massamaturu’, Kecamatan Polombangkeng Utara, Minggu (18/10/20).

Kegiatan camp selama 2 hari yang bertajuk “Sosialisasi Pencanangan Desa Pengawasan dan Anti Money Politik” tersebut diikuti sekitar 50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari setiap desa.

Pimpinan Bawaslu Takalar, Nellyati dalam sambutannya mengatakan, melalui kegiatan camp tersebut, pihaknya akan membentuk Forum Awas Desa sebagai langkah strategis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Forum Awas Desa akan bergerak dari bawah sebagai promotor untuk mengedukasi masyarakat terkait Money Politik, Isu sara, Ujaran kebencian, Berita Hoax, dan hal lainnya yang dianggap penting dalam pemilu,” kata Nellyati

Lebih Lanjut, aktivis perempuan Takalar itu juga menjelaskan, bahwa desa merupakan komunitas paling kecil dalam pemerintahan, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk memulai edukasi pemilu.

Menurutnya, hadirnya Forum Awas Desa itu menjadi representasi terwujudnya desa membangun.

“Jika selama ini orang-orang memakai istilah membangun Desa, maka Forum Awas Desa nantinya justru akan mewujudkan Desa Membangun” terangnya

Diakhir pemaparannya, ia menegaskan, kader-kader Forum Awas Desa harus bergerak sebagai subjek dalam tatanan masyarakat agar visi-misinya tercapai.

“Karena Forum Awas Desa tidak digerakkan melalui instruksi dari atasan Pemerintah Desa, maka ia harus bergerak dengan inisiatif dan kesadaran tersendiri agar dapat mewujudkan pengawasan partisipatif sebagai visi-misi utamanya,” pungkasnya (Ril/Abrar)

Facebook Comments

Baca Juga :  Laporkan Wartawan, Germab Sinjai : Itu Berlebihan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *