banner 1200x130

Gandeng UKM Pramuka UNM, MPR RI Sukses Selenggarakan Seminar Kebangsaan MPR RI 2021

  • Bagikan
banner 400x130
Foto anggota MPR RI, H. Ajiep Padindang (tengah), anggota DPRD Provinsi Sulsel, M. Arfandy Idris (kanan) dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Prof. Sukardi Weda (kiri).

UJARAN.MAKASSAR – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam pelaksanaan Seminar Kebangsaan MPR RI 2021 di Etika Studio, jalan Tamalate, Kota Makassar, Kamis, (08/07/21).

Anggota DPD RI sekaligus anggota MPR RI, H. Ajiep Padindang, memberikan materi pada Seminar Kebangsaan MPR RI 2021. Nara sumber lainnya adalah anggota DPRD Provinsi Sulsel,M. Arfandy Idris. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Prof. Sukardi Weda turut hadir dalam Seminar Kebangsaan tersebut.


H. Ajiep Padindang dalam pemaparannya mengatakan bahwa Pramuka adalah segmen strategis untuk membangun karakter orang Indonesia.


“Pramuka adalah segmen strategis untuk membangun nilai-nilai karakter orang Indonesia, orang ber-Pramuka, dapat mengimplementasikan semua sila dari Pancasila, mulai dari sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, sila Kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab, sila ketiga, Persatuan Indonesia, sila keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/Perwakilan dan sila kelima, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Karakter Indonesia adalah karakter Pancasila,” tuturnya.

banner 336x280

Sementara itu, Anggota DPRD Sulsel, M. Arfandy Idris mengatakan bahwa Pramuka merupakan organisasi yang diisi dengan keterampilan non formal.


“Pramuka adalah organisasi kepanduan di Indonesia yang bertujuan untuk pembentukan watak, yang diisi dengan keterampilan non formal untuk membangun dirinya,” ujarnya.


Baca Juga :  MPC PP Maros dan SAPMA PP Surati Propam Polda Sulsel, Ada Apa?

Di sisi lain, Prof. Sukardi Weda dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan Seminar Kebangsaan MPR RI 2021 yang menggandeng UKM Pramuka UNM tersebut.


“Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini sangat penting untuk menumbuhkan nasionalisme, patriotisme dan wawasan kebangsaan para generasi muda dan mahasiswa,” katanya.


Lebih lanjut, Prof Sukardi juga berharap agar kegiatan serupa dilaksanakan secara berkesinambungan di UNM.


“Saya mengharapkan kegiatan serupa dilaksanakan secara berkesinambungan di UNM kepada para mahasiswa UNM,” pungkasnya.


Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 75 (tujuh puluh lima) orang peserta yang berasal dari UKM Pramuka UNM.

Baca Juga :  Perang Pena Kronologi Ricuh UNM, Apa Kabar?

Penulis : Kasmir

Facebook Comments

  • Bagikan