Kapal 10 Penumpang Terbakar di Perairan Samalona, Begini Simulasinya

  • Share

UJARAN.MAKASSAR – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Makassar gelar latihan SAR daerah bersama DitPolair, KKP Makassar, VTS Makassar dan lembaga mahasiswa dengan operasi penyelamatan korban Kapal KM Samudra Nusantara di Perairan Samalona, Kamis (15/10/20).

Kepala Kantor SAR Makassar, Mustari mengatakan, dalam latihan tersebut proses evakuasi kapal terbakar dengan korban berjumlah 10 orang dan melibatkan 15 personel yang terbagi dua SRU.

“Tim SAR berhasil mengevakuasi tujuh orang korban ke dermaga Petikemas Pelindo IV. Dua diantaranya meninggal dunia dan seorang dievakuasi langsung oleh keluarga korban di Pulau Lae-Lae,” katanya.

Ia menjelaskan, keseluruhan korban berhasil dievakuasi diberi tindakan medis lanjutan oleh tim yang berada di posko di dermaga Petikemas Pelindo.

Saat ditanya terkait kendala dalam proses evakuasi, Mustari menuturkan yakni kondisi gelombang di perairan Samalona yang cukup tinggi.

Sementara itu, Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Brigjen TNI Marinir, Rasman yang turut hadir langsung pada giat tersebut menambahkan, jika latihan SAR daerah ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan personel dan alut yang dimiliki Basarnas tentunya.

“Personel ini, tentu dari berbagai potensi, baik dari kepolisiaan hingga lembaga kemahasiswaan. Sehingga selain sebagai bentuk edukasi, juga untuk menjalin sinergitas semua unsur tentunya.

Lanjut Rusman, pelatihan ini adalah program tahunan Basarnas.

“Latihan SAR daerah ini sudah tercatat dianggaran tahunan, sehingga mutlak untuk dilaksanakan. Dan tentu kami berharap, giat ini memberikan manfaat yang baik untuk pelayanan pertolongan yang maksimal,” kuncinya. (Red/Pensa)

Facebook Comments

Baca Juga :  Antisipasi Unjuk Rasa, Polres Gowa Turunkan 405 Personel di Dua Titik
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *