Kota Tanpa Kumuh Diresmikan Sekda Sinjai

  • Share

UJARAN.SINJAI – Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Akbar Mukmin meresmikan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Lingkungan Lengkong, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (16/12/2020) sore.

Program KOTAKU merupakan salah satu upaya strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan, akses air minum layak, serta akses sanitasi layak

Program KOTAKU dalam pelaksanaannya berbasis kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya.

Sekda Sinjai Akbar menuturkan, program KOTAKU yang ada di Kelurahan Lappa diharapkan dapat menjadi contoh atau pembanding bagi Kelurahan yang ada di Sinjai khususnya di Kecamatan Sinjai Utara. Apalagi, sesuai harapan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) Kabupaten Sinjai kedepan sedapat mungkin semakin maju.

“Program KOTAKU ini sangat memberikan motivasi kepada masyarakat karena dalam bentuk padat karya,” ungkapnya.

Bahkan kata Akbar, dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini diharapkan dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur baik sarana maupun prasarana itu dalam bentuk padat karya

“Sehingga masyarakat yang tadinya aktivitasnya terbengkalai bisa diimplementasikan dalam bentuk padat karya dalam mendapatkan pendapatan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Balai Prasarana Permukiman Sulsel, Andi Dirmayanti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sinjai, stakeholder terkait atas bantuannya dengan terbangunnya infrastruktur KOTAKU untuk skala lingkungan dimana dalam program ini dikelola langsung oleh masyarakat.

Untuk di Sinjai selain KOTAKU, pihaknya juga menggulirkan kegiatan program sosial ekonomi wilayah pedesaan. Dengan begitu dia berharap, program ini dapat berlanjut pada tahun 2021 mendatang.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dan stakeholder terkait atas kerjasamanya dalam mesukseskan program ini,” ujarnya.

Peresmian ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Muh. Irvan, Kadis PUPR Andi Taufiq, Camat Sinjai Utara, Hj. Andi Hariyani Rasyid, Lurah Lappa, dan Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai, Hendra Saad. (Red/Pensa)

Facebook Comments

Baca Juga :  TP PKK Sinjai Garap Lappa untuk Cegah Stunting
banner 120x600
  • Share