KUA Bonto Bahari Ukur Kiblat Masjid Ponpes Al-Mutahabbun

UJARAN.BULUKUMBA – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bonto Bahari, H. Amri Syam didampingi Penyuluh Agama Islam, Firmansyah dan Abd. Halim Amsur melakukan pengukuran arah kiblat untuk pembangunan masjid Pondok Pesantren Al-Mutahabbun, Kelurahan Benjala, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Kamis (07/01/21).

Kegiatan pengukuran kiblat itu turut disaksikan oleh Pimpinan Ponpes Al-Mutahabbun, Ustadz Muslim dan sejumlah tokoh lainnya, yakni KUA Bonto Tiro, Syarifuddin, Owner Resto Kampoeng Nelayan, H. Kardi yang juga penghibah tanah.

Kepala KUA Bonto Bahari berharap dengan selesainya kegiatan itu agar pembangunan masjid dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diinginkan.

“Semoga kita diberi kemudahan, dan kenyamanan jamaah sekitar lebih terkhusus para santri sebagai pusat ibadah,” ujarnya.

Selain itu, Amri juga menjelaskan, kiblat merupakan arah yang dituju umat Islam dalam berbagai konteks ibadah, utamanya shalat.

“Kiblat merupakan syarat sah shalat menurut kesepakatan para ulama kecuali dalam keadaan tertentu. Arah ini merujuk pada Ka’bah bangunan yang terletak ditengah-tengah Masjidil Haram di Mekkah Arah Saudi,” jelasnya.

“Ketentuan ini diperkuat dengan dalil yang tertulis dalam QS. Al-Baqarah : 144 dan HR. Bukhari no. 6251 dan Muslim no. 912,” sambung Kepala KUA Bonto Bahari.

Sementara itu, Penyuluh Agama Islam, Pirmansyah menegaskan bahwa pengukuran kiblat adalah hal yang penting.

“Penting, sebab pergeseran sebesar 1° saja maka akan terjadi pergeseran sekitar 145 KM dari Ka’bah,” tandasnya. (Red/Pensa)

Baca Juga :  Warga Manimpahoi Ditemukan Tak Bernyawa di Kediamannya

Facebook Comments

Next Post

Rumah Dinas Rampung, Personel Polres Gowa Baksos

Fri Jan 8 , 2021
UJARAN.GOWA – Personel Polres Gowa melakukan kerja bakti bersama di Rumah Susun Dinas personel Polres Gowa usai pelaksanaan apel pagi, Jumat (08/01/21). Rumah susun dinas yang telah rampung dikerjakan itu, saat ini dalam tahap perawatan dan masih dalam jaminan pihak kontraktor selama 6 bulan. Setelah itu, maka penggunaan bangunan akan diresmikan. Kasubag Humas Polres Gowa, AKP M. Tambunan mengatakan, pembangunan rumah dinas itu sejak Mei 2020 dan saat ini telah rampung […]