banner 1200x130

Lewat Seminar, Mahasiswa KKN UINAM Desa Jenetallasa Edukasi Masyarakat Soal Potensi UMKM

  • Bagikan
banner 400x130
Foto: Seminar UMKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UINAM di Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto

UJARAN.JENEPONTO – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 67 UIN Alauddin Makassar Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto menggelar Seminar UMKM di SD Kacicci, Desa Jenetallasa, Kamis (4/11/2021).

Mengangkat tema “Menyongsong Kesiapan Masyarakat Desa dalam Kegiatan UMKM”, kegiatan ini dihadiri narasumber, diantaranya Kadis Koperasi dan UMKM Jeneponto, Hj. Mernawati, dan Akademisi UIN Alauddin Makassar, Ibnu Hajar.

Koordinator KKN Desa Jenetallasa, Muh. Imam Hidayat mengatakan, seminar UMKM itu dilatar belakangi karena kegiatan ekonomi di sektor UMKM adalah alternatif bagi masyarakat selain sektor perkebunan dan pertanian di Desa Jenetallasa.

“Seminar UMKM ini diadakan sebagai upaya dalam mengedukasi masyarakat Desa Jenetallasa dalam melihat potensi ekonomi di sektor UMKM, apatalagi komoditas hasil perkebunan dan pertanian, baik wortel, kentang, bawang bisa diolah menjadi makanan untuk dijual,” kata Imam.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Jeneponto, Hj. Mernawati menegaskan bahwa yang mesti dibenahi ialah mindset dan pemahaman masyarakat untuk tidak terjebak pada zona nyaman.

“Mindset itu perlu selain itu niat, kiat serta giat ketika masyarakat sudah bergelut di sektor UMKM,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Mernawati juga berharap mahasiswa KKN UINAM dapat menindaklanjuti kegiatan dengan melakukan pendataan pelaku untuk selanjutnya diserahkan ke Dinas Koperasi dan UMKM agar bisa ditindaklanjuti yang menjadi kebutuhan pelaku usaha.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kunjungan pimpinan kampus UIN Alauddin Makassar di Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. (Red/Pensa)

Facebook Comments

Baca Juga :  6 Propemperda Disetujui, Sekda Sinjai Berterimakasih
  • Bagikan