Pers Mahasiswa Makassar Ditangkap Saat Meliput Aksi Bela Rakyat, Wartawan Kecam Aparat!

  • Share

UJARAN.MAKASSAR – Terkait penangkapan tiga orang wartawan mahasiswa yang ditangkap oleh aparat kepolisian menimbulkan polemik dan pertanyaan masyarakat khususnya sesama pers yang masih berstatus mahasiswa.

3 orang jurnalis yang masih berstatus mahasiswa tersebut meliput aksi tolak tambang pasir nelayan Kodingareng, di Copong, Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar atas nama Hendra (UKPM Unhas), Mansur (UPPM UMI), dan Raihan (UPPM UMI), Sabtu (12/09/20) sekira 09.40 WITA, pagi tadi.

Diketahui kronologi kejadian itu, saat selesai aksi dan akan kembali ke Kodingareng, tiba-tiba ia dihadang speedboat milik Polairud. Kapalnya dipepet dan ditabrak berakibat pada jolloro kapal rusak hingga penumpang yang ada diatas kapal hampir terjatuh di laut.

Menanggapi kejadian tersebut, Pimpinan Redaksi Media Online Ujaran, A. Wahyu Pratama Hasbi mengatakan, kejadian yang dilakukan aparat menjadi notifikasi aparat tak memahami konteks kebebasan pers

“Ini menjadi pertanda tak dipahaminya konteks kebebasan pers oleh aparat penegak hukum secara penuh sesuai dengan apa yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers khususnya dalam Pasal 4 Ayat 3 UU. Pers,” terangnya.

Lanjutnya, “Kejadian ini sudah sangat melenceng dari tugas pokok dan fungsi (tupoksi) aparatur,” tambahnya.

Wahyu, sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa secepat mungkin aparat harus melepas 3 orang pers mahasiswa itu dan meminta maaf kepada lembaga pers sebagai wujud pertanggungjawabannya.

“Kami menuntut, bebaskan aktivis pers mahasiswa yang ditangkap. Selain itu, Polrestabes Medan harus meminta maaf terhadap LPPM dan Kampus UMI,” tegasnya.

Diakhir penjelasannya, ia juga menyayangkan sikap yang ditunjukkan oleh aparat kepolisian karena melalukan tindakan yang gegabah.

“Ironisnya, sikap dan tindakan Polariud Makassar terhadap insan pers mahasiswa terjadi ketika mereka sedang menjalankan tugas sebagai agen penyampai informasi,” tutup Wahyu. (Red/Pensa).

Facebook Comments

Baca Juga :  Begini Kronologi Pemukulan Pelajar Sinjai di Makassar Oleh Oknum Satpol PP Sulsel
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *