banner 728x250

Pilkada Serentak atau Pandemi Serentak, Pemuda Bulukumba Tawarkan Solusi

  • Share
banner 468x60
Alvian Pratama, Pengurus KMBPL, Mahasiswa Hukum Tatanegara UINAM.

UJARAN.BULUKUMBA – Dengan beredarnya informasi bahwa para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba telah mengambil nomor urut di Komisi Pemilihan Umum Bulukumba, maka pilkada serentak pemilihan bupati dan wakil bupati di Bulukumba tetap dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut kembali ditanggapi, oleh Alvian, Pemuda Bulukumba yang mengatakan, KPU harus bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat jika ada yang terjangkit Covid-19 di kasa kampanye para paslon.

“26 September sampai dengan Desember 2020 tentunya akan ada perkumpulan akibat kampanye paslon yang akan memicu peluang besar penyebaran Covid-19 claster Pilkada,” ujar Alvian, Kamis (24/09/20) siang ini.

Lanjutnya, “Saya sarankan kepada KPU Bulukumba untuk menginstruksikan para paslon mengadakan pula kampanye virtual dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 yang dikhawatirkan melonjak jika para paslon secara interns melakukan kampanye langsung,”.

Tak hanya itu, Menurut Alvian, KPU juga harus memikirkan matang-matang tentang banyaknya potensi persoalan yang mesti jadi perhatian pemerintah ketika merencanakan penyelenggaraan pilkada pada Desember 2020.

“Pada pelaksanaan proses verifikasi faktual terhadap calon kepala daerah dan kampanye para calon, pencocokan dan Peneliti (coklit) daftar pemilih serta biaya penyelenggaraan pilkada yang kemungkinan butuh anggaran ekstra sebab adanya jaminan kesehatan ditengah Pandemi Covid-19,” jelas Vian.

Dia menyarankan agar Paslon Bupati Bulukumba dan Wakil Bupati Bulukumba tetap mematuhi protokol kesehatan jika melalukan kampanye kepada masyarakat, jangan sampai dengan kampanye paslon masyarakat terpapar Covid-19.

“Pilkada bukan hanya tentang hari H tetapi tahapan yang panjang dan kompleks. Jangan sampai pilkada hanya menggugurkan kewajiban lima tahunan ini,” kuncinya. (Red/Pensa).

Baca Juga :  Paparkan Siasat, Harapkan Kejayaan
banner 336x280

Facebook Comments

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *