Ternyata Begini Penilaian Ponpes Terhadap Bupati Sinjai

  • Share

UJARAN.SINJAI – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) memandang Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) sebagai sosok Bupati yang peduli Pesantren.

Pandangan tersebut diungkapkan oleh Pimpinan Ponpes Darul Ihsan Salohe Kecamatan Sinjai Timur, Mustakum.

“ASA merupakan sosok bupatu yang peduli terhadap pengembangan dan pemberdayaan pesantren. Hal ith terbukti dari beberapa lrogram hang direncanakan telah direalisasikan. Seperti mencetak penghafal Al-Qur’an bekerja sama dengan Ponpes,” ujarnya. Rabu (10/02/21).

Lebih lanjut Mustakum mengatakan bahwa dimasa kepemimpinan ASA jumlah Ponpes di Sinjai bertambah.

“Program lainnya yang berpihak ke Ponpes adalah bantuan dana hibah untuk pesantren juga telah direalisasikan. Setiap Ponpes mendapat bantuan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sinjai. Tahun pertama pak Bupati memimpin jumlah Ponpes di Sinjai ada 14, sekarang jumlahnya bertambah menjadi 20 dan semua itu akan mendapat dana hibah, itu menjadi janji pak Bupati,” tuturnya.

Selain itu, Mustakim juga mengatakan bahwa sebelum Bupati ASA memimpin Ponpes tidak mendapatkan sentuhan dari pemerintah.

“Selama ini Ponpes jalan masing-masing karena tidak ada sentuhan dari pemerintah, tapi sejak beliau (ASA) memimpin, bantuan ke Ponpes luar biasa, apa yang sudah direncanakan telah direalisasikan,” ungkapnya.

Dengan demikian, Mustakim menyebut, Ponpes yang ada di Kabupaten Sinjai akan terus memberikan dukungan agar program keagamaan terus dilaksanakan. Tentu, harapan Bupati ASA untuk mengembalikan Marwah Sinjai sebagai Bumi Panrita Kitta’ juga akan terwujud.

Diketahui, Pemerintah Daerah (Pemda) Sinjai telah memulai program mencetak penghafal Al-Qur’an sejak 2019 lalu dan telah melahirkan 20 penghafal Al-Qur’an melalui binaan Ponpes Darul Ihsan Salohe lalu di angkatan kedua pada tahun 2020 juga melahirkan 20 penghafal Al-Qur’an bekerja sama dengan Ponpes Darul Istiqamah Bongki. Sedangkan untuk tahun ini Pemda juga kembali menganggarkan pembinaan serupa dan dipusatkan di Ponpes Darul Istiqamah Puce’e dan Syiar Islam sebanyak 20 orang.

Adapun program lain yang berpihak kepada Ponpes adalah bantuan pemberdayaan ekonomi Ponpes melalui bantuan bibit ikan beserta perangkatnya.

Pemda Sinjai juga akan merealisasikan program membina 2 (Dua) kader Panrita Kitta’ di 80 (delapan puluh) Desa dan Kelurahan di Kabupaten Sinjai pada bulan Juni mendatang (Kasmir)

Facebook Comments

Baca Juga :  Bupati ASA, Bupati Pertama di Sulsel Terima Penghargaan KPID Sulsel
banner 120x600
  • Share