Wisata Bahari Sinjai Go Internasional

  • Share

UJARAN.SINJAI – Departemen Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan pengabdian masyarakat di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sabtu (17/10/20).

Pengabdian masyarakat itu dilakukan dengan bekerjasama Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal pengembangan pariwisata bahari.

Dosen Ilmu Kelautan Unhas Makassar, Syafyudin Yusuf mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini dalam hal membangun konsep pariwisata bahari di Kabupaten Sinjai mengingat Sinjai memiliki obyek wisata bahari yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Kita ketahui bahwa Sinjai memiliki wisata bahari di Pulau Sembilan khususnya di Pulau Larea-rea, obyek wisata ini cukup bagus namun belum dikenal luas karena kurang publikasi sehingga kedatangan kami ingin membuat konsep wisata agar bisa dipasarkan bukan hanya di Sulsel tapi hingga di mancanegara,” katanya saat melakukan observasi di Pulau Larea-rea, Kecamatan Pulau Sembilan.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan yakni Focus Group Discussions (FGD) untuk mendapatkan ide/gagasan pengembangan Pulau Sembilan agar menjadi daerah tujuan wisata, melakukan pemetaan sumber daya laut terutama terumbu karang, area spot snorkeling, diving, dan potensi lainnya dimasing-masing desa.

Selain itu, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebersihan obyek wisata, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk pelayanan pariwisata serta pembuatan video pariwisata.

“Kami memberikan pelatihan kapasitas dan setifikasi para diver atau penyelam yang sudah pernah lakukan pelatihan agar mereka dapat melayani tamu yang menyelam didasar laut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Haerani Dahlan memberi apresiasi dengan adanya kegiatan tersebut sehingga keindahan Pulau Sembilan dapat tereksplor.

“Semoga dengan adanya dukungan dari Unhas Makassar ini, obyek wisata Pulau Larea-rea dapat dikenal lebih luas. Dengan begitu para wisatawan berdatangan yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat serta masyarakat setempat semakin berdaya,” harapnya.

Senada dengan itu, Camat Pulau Sembilan, Syahrul Paesa berharap melalui kegiatan ini bisa memberikan perubahan besar bagi masyarakat khususnya kondisi lingkungan seperti kebersihan dan terumbu karang yang hampir semua desa butuh perhatian.

Dalam observasi ini turut diikuti diikuti oleh Kapolsek Pulau Sembilan, Ipda Sasmito, para Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Sembilan, dan Kepala Puskesmas Pulau Sembilan, Agus Salim. (Red/Pensa)

Facebook Comments

Baca Juga :  78 Warga SBB Langgar Prokes Covid-19, ini Sanksinya
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *